Cara Mengatasi Penyakit Diabetes Insipidus

Penyebab dan Pengobatan Diabetes Insipidus

Cara Mengatasi Penyakit Diabetes InsipidusPenyakit diabetes yang dipahami oleh kebanyakan orang mungkin berkaitan dengan penyakit kencing manis atau gula. Akan tetapi, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ada jenis diabetes yang tidak berkaitan dengan gula sama sekali dan penyakit ini disebut diabetes insipidus. Kekurangan hormon antidiuretik merupakan penyebab dari penyakit ini. Penderita akan merasakan polidipsi atau rasa haus berlebihan serta poliuri, yakni sekresi air kencing dalam jumlah yang besar dalam bentuk yang sangat cair. Tentu cara mengatasi penyakit diabetes insipidus berbeda dengan cara menangani jenis diabetes yang umum. Jenis diabetes insipidus juga beragam termasuk diabetes insipidus nefrogenik yang membutuhkan cara mengatasi penyakit diabetes insipidus yang berbeda pula.

Sebelum beranjak lebih ke tahap yang lebih serius mengenai cara mengatasi penyakit diabetes insipidus, kita perlu mengetahui penyebab dari penyakir ini terlebih dahulu agar pengobatan yang tepat dapat dilakukan. Diabetest insipidus bisa disebabkan oleh kelainan pada hipotalamus yang tidak mampu menghasilkan hormon antidiuretik dalam taraf normal. Penyebab lain dari penyakit ini adalah hormon diuretik yang tidak bisa dilepaskan ke aliran darah akibat kegagalan kelenjar hipofisa. Perlu diingat bahwa perbedaan penyebab dapat pula menyebabkan perbedaan mendasar terhadap cara mengatasi penyakit diabetes insipidus tersebut. Penyakit ini dapat pula disebabkan oleh pembedahan yang merusak kelenjar hipofisa atau hipotalamus. Tumor maupun cedera pada otak utamanya jika terjadi patah tulang area dasar tengkorak dan beberapa jenis masalah yang terjadi di otak merupakan sebab lain dari penyakit ini. Sebagai cara mengatasi penyakit diabetes insipidus, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mendeteksi penyebab pastinya sehingga penyebab tersebut dapat diputus atau disembuhkan terlebih dahulu.

250Sebagaimana disebutkan bahwa cara mengatasi penyakit diabetes insipidus yang paling benar adalah dengan melakukan pengobatan penyebab dasar diabetes insipidus itu sendiri. Namun demikian, dalam proses pengobatan, agar pengeluaran air kencing dalam bentuk normal dapat dipertahankan, desmopresin asetat maupun vasopresin yang merupakan modifikasi hormon antidiuretik bisa diberikan dalam bentuk semprot yang diaplikasikan ke hidung selama beberapa kali sehari. Namun, cara mengatasi penyakit diabetes insipidus ini juga akan menimbulkan efek samping jika diberikan secara berlebihan. Ada pula beberapa pengobatan jenis lain yang dapat diberikan seperti pemberian injeksi hormon antidiuretik sebelum pembedahan misalnya atau pemberian obat perangsang pembentukan hormon antidiuretik meskipun sekali lagi pemberian obat-obatan juga akan memberikan efek samping tertentu kepada pasien. Selain menggunakan pengobatan medis, cara mengatasi penyakit diabetes insipidus yang lebih bersifat alami bisa pula digunakan misalnya dengan mengkonsumsi sari TNO yang dipercaya mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis termasuk cara mengatasi luka diabetes meskipun hasil yang maksimal akan diperoleh jika pengobatan alami dan medis dilakukan secara berkesinambungan.

 

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda