Cara Mengatasi Diabetes Yang Aman Tanpa Operasi

Ini Dia Cara Mengatasi Diabetes Segala Tipe

Cara Mengatasi Diabetes sangat penting untuk anda ketahui. Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya di dunia. Ia menduduki angka ke 7 sebagai penyebab utama kematian. Diabetes meningkatkan risiko serangan jantung. Selain itu kebutaan, penyakit ginjal dan gangguan kerusakan sistem saraf juga bisa disebabkan oleh diabetes. jika dahulu hanya orang berusia lanjut yang bisa terserang, sekarang tak mengenal umur lagi. Diabetes sendiri merupakan penyakit di mana kandungan gula dalam darah berada di luar batas normal. Secara medis, ketika glukosa darah puasa berkisar 126 mg / dL keatas dikatakan diabetes. Pre-diabetes terjadi ketika gula darah berada pada angka 100-125 mg / dL. Gula dalam darah normal jika berada di bawah angka 99 mg / dL. Kondisi pada kisaran ini harus dipertahankan. Studi menemukan bahwa glukosa darah puasa di bawah 83 mg / dL sebenarnya menjadi patokan di mana kondisi gula darah anda dalam keadaan baik. kondisi di atas angka tersebut risiko terserang penyakit jantung dan kardiovaskular lainnya lebih tinggi. Beberapa profesional medis menggunakan Tes Toleransi Glukosa Oral (OGTT) untuk menguji diabetes. Pada dasarnya, pasien diberi glukosa 50-75 gram dalam larutan konsentrat dan respons gula darahnya diukur. Diabetes memiliki dua tipe, ada perbedaan antara diabetes tipe 1 di mana ini disebabkan kondisi autoimun dan diabetes tipe 2 yang bisa datang karena berbagai alasan seperti kurang olahraga, kurang mengonsumsi air putih hingga makan makanan tidak sehat.

Penyebab Diabetes

Lalu apa yang menyebabkan kita memiliki penyakit diabetes? Pada diabetes mellitus 1 penyakit ini disebabkan karena  seseorang memiliki kekurangan insulin sebuah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Orang dengan diabetes jenis ini sering memiliki kadar gula dan pati yang tinggi dalam air kencing dan darah mereka karena zat ini tidak diserap dan digunakan dengan benar oleh tubuh karena tidak adanya insulin. Maka dari itu, biasanya yang menderita diabetes tipe 1 sangat parah harus menyuntikkan hormon insulin insulin setiap hari. Ya menyuntikan hormon insulin menjadi obat cara mengatasi diabetes tipe 2 yang sudah parah. namun jika belum parah, anda bisa mengatasi dengan obat-obatan herbal dan gaya hidup sehat, anda juga bisa memperoleh suntikan insulin, walaupun tak sebanyak yang sudah parah .Orang dengan penyakit ini rentan terhadap berbagai komplikasi termasuk kaki diabetes, penyakit kardiovaskular, kejang dan koma.

Sedangkan untuk penderita diabetes tipe 2 bisa disebabkan oleh gaya hidup, terutama pola makan. gula, karbohidrat, lemak dan makanan apa pun yang Anda konsumsi diproses dan di metabolisme oleh tubuh. Ketiak makanan melalui proses metabolisme, mereka dipecah menjadi struktur yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Misalkan karbohidrat menjadi glukosa. Makanan yang tidak mampu di metabolismekan oleh tubuh atau karena terlalu menumpuk tidak bisa diserap lagi akan diproses oleh hati dan disekresikan olehnya. Senyawa protein dan lemak dibutuhkan tubuh untuk regenerasi sel otot, jaringan  dalam tubuh. Sedangkan, karbohidrat disederhanakan oleh tubuh agar bisa diserap  menjadi glukosa, bentuk gula sederhana. Glukosa ini digunakan untuk bahan bakar. Kadar glukosa yang melebihi yang dibutuhkan tidak akan bermanfaat malah menjadi lawan tubuh kita yaitu racun. Bagaimana bisa? Ini akan beracun ketika sudah masuk ke dalam darah kita dan mengalir ke seluruh tubuh. Setiap kelebihan glukosa, glukosa ini akan disimpan karena tidak langsung digunakan. Mereka disimpan di otot dan hati dalam bentuk glikogen. Jika makin menumpuk, lama kelamaan darah anda akan memiliki kadar glukosa. Ketika terdapat kandungan gula dalam darah, pankreas merespons dengan cara melepaskan hormon insulin. Keadaan ini memberitahukan sel-sel yang lain bahwa, dalam darah terdapat glukosa dan harus disimpan dalam bentuk glikogen. Lama-kelamaan glukosa yang menumpuk tersebut, membuat reseptor glikogen penuh dan akhirnya tidak bisa melakukan penyimpanan glukosa. Dalam kondisi ini, makin banyak insulin yang dihasilkan karena dianggap tubuh tidak merespons benar pesan yang dikirim oleh insulin. Bila kondisi ini terus menerus tidak diatasi, sel-sel mulai kebal pada insulin atau biasanya kita sebut sebagai resisten. Pankreas makin banyak memproduksi dan melepaskan insulin. Insulin makin menumpuk dalam aliran darah dan akhirnya menjadi racun.

Langkah untuk Membantu Mengatasi Diabetes

Diabetes dipicu oleh resistensi insulin karena banyaknya glukosa dalam aliran darah. Batasi konsumsi gula, biji-bijian dan karbohidrat olahan dan fokuskan pada protein sehat, lemak dan sayuran hijau. Selain itu, ini dia beberapa langkah cara mengatasi diabetes.

  • Lemak dalam Keseimbangan yang Baik

Kelebihan lemak Omega-6 dalam makanan merupakan faktor penyebab diabetes. Perhatikan asupan lemak Omega-3 dan Omega-6 Anda dan cobalah agar mereka seimbang dalam rasio 1: 1. Makanan dengan minyak Omega-3 berkualitas sangat baik dapat membantu saat penyesuaian diet sedang dilakukan. Hindari minyak biji Omega-6 dan sumbernya. Makan ikan berlemak seperti salmon dan sarden untuk Omega-3.

  • Perbaiki ususmu

Bakteri menguntungkan yang terkubur di usus, disebabkan oleh pola makan yang buruk, penggunaan antibiotik atau pemberian susu. Jangan makan biji-bijian, hindari toksin dan minum probiotik berkualitas tinggi untuk membantu penyembuhan usus. Dengan usus yang bersih, giizi vitamin dan kandungan makanan yang kita konsumsi bisa terserap dengan baik dan dapat terproses dengan baik pula.

  • Olahraga

Dengan olahraga kemampuan otot meningkat untuk menggunakan insulin dan seiring waktu dapat membantu memperbaiki resistensi insulin. Tidak harus olahraga berat,  olahraga ringan dengan intensitas tinggi telah terbukti memiliki efek yang lebih baik pada tingkat insulin dan penurunan berat badan daripada satu jam kardio medium moderat atau olahraga berat setiap hari, akan melelahkan bukan. Penelitian yang dilakukan di Universitas McMaster yang dimuat dalam Artikel CNN 6 Juni 2005 menemukan bahwa, latihan fisik atau olahraga 6 jam seminggu sekali bisa seefektif satu jam aktivitas moderat setiap hari. Dengan olahraga juga, glukosa yang tersimpan dan tertumpuk dalam tubuh kita bisa digunakan untuk bahan bakar tubuh beraktifitas. Sehingga jika rutin dilakukan, maka tak ada lagi glukosa menumpuk.

  • Menurunkan Berat Badan

Obesitas dan Diabetes berjalan seiring. Penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi diabetes, dan juga menurunkan risiko Anda untuk diserang penyakit lain akibat diabetes. Perbaiki diet dan gaya hidup anda agar bisa membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat untuk mengatasi diabetes juga.

  • Mengurangi Stres

Stres meningkatkan kortisol dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, masalah insulin dan meningkatkan peluang terserang jenis penyakit tertentu. Bekerjalah atau lakukan hobi anda untuk mengurangi sumber stres akibat kurang tidur, paparan racun, tekanan mental dan emosional dan pola makan yang buruk. Mendapatkan kualitas tidur setiap malam dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dan sangat bagus untuk gula darah.

  • Suplemen

Suplemen dapat membantu tubuh Anda sembuh dari diabetes, terutama saat tubuh Anda bekerja untuk mendapatkan reaksi insulin yang tepat lagi. Suplemen yang membantu mengatasi diabetes dan memperbaiki penyakitnya adalah yang mengandung kayu manis, asam lemak omega-3, asam lipoat alfa, kromium, koenzim Q10, bawang putih, dan magnesium.

  • Makanan

Ada beberapa makanan atau bahan makanan yang dapat digunakan untuk mengendalikan kondisi dan mencegah penyakit diabetes. Seperti pare, buah jambul atau jamun, grape fruit, fenugreek, kayu manis, daun mangga dan lain-lain. Pare Kaya akan insulin-polipeptida-P, bio-kimia yang berguna dalam mengurangi gula darah, Buah jambul atau jamun. membantu fungsi pankreas agar bisa bekerja secara optimal. Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin baik dalam bentuk jus ataupun langsung dikonsumsi bisa sangat ampuh menjadi cara mengatasi diabetes.

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda